Jumat, 07 Agustus 2020

MODERASI BERAGAMA

KKL DR IAIN PADANGSIDIMPUAN  

MODERASI BERAGAMA

Moderasi Beragama #KKLDRIAINPadangsidimpuan2020

Dikirim oleh Latifahannum Lubis pada Sabtu, 01 Agustus 2020

A. Moderasi 

     Moderasi adalah jalan tengah. Moderasi juga berarti 'sesuatu yang baik'. Sesuatu yang ada ditengah biasanya berada diantara dua hal yang buruk. Contohnya adalah keberanian. Sifat berani dianggap baik karena ia berada di antara sifat ceroboh dan sifat takut. 

B. Moderasi 

    Beragama Moderasi Beragama berarti cara beragama jalan tengah sesuai pengertian moderasi di atas. Dengan Moderasi Beragama, seseorang tidak ekstrem dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani ajaran agamanya. Orang yang mempraktekkannya disebut Moderat. 

C. Perlunya Moderasi Beragama 

     Moderasi Beragama diperlukan karena sikap ekstrem dalam beragama tidak sesuai dengan esensi ajaran agama itu sendiri. Perilaku ekstre atas agama juga sering mengakibatkan lahirnya konflik rasa benci, intoleransi, dan bahkan peperangan yang memusnahkan peradaban. Sikap-sikap seperti itulah yang perlu dimoderasi. Moderasi Beragama adalah upaya mengembalikan pemahaman dan praktik beragama agar sesuai dengan esensinya, yakni untuk menjaga harkat, martabat, dan peradaban manusia, bukan sebaliknya. Agama tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang justru merusak peradaban, sebab sejak diturunkan, agama pada hakikatnya ditujukan untuk membangun peradaban itu sendiri.

1 komentar: