Jumat, 07 Agustus 2020

10 Sunnah sebelum dan sesudah sholat hari raya idul adha

Assalamualaikum wr.wb
Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin


Berikut 10 amalan sunnah sebelum dan sesudah sholat idul adha :

1. Mandi sebelum berangkat sholat Idul Adha


Sunnah Idul Adha yang pertama adalah mandi sebelum berangkat sholat Idul Adha, bisa dilakukan sebelum atau sesudah sholat Subuh pada pagi hari.

Diriwayatkan dalam hadits Ibnu Majah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha'."

2. Mengenakan pakaian terbaik


Amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha didasari pada hadist riwayat Jabir bin Abdillah, di mana Rasulullah memiliki jubah yang ia gunakan ketika hari raya dan hari Jumat.

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kami pada dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (Hadits Riwayat Al Hakim dalam Al Mustadrak)

3. Tidak makan sebelum sholat Idul Adha


Berbeda dengan Idul Fitri yang disunnahkan untuk makan terlebih dahulu, pada hari Idul Adha justru tidak dianjurkan makan sebelum melaksanakan sholat.

4. Berhias sewajarnya, memakai parfum (non alkohol) atau wewangian, dan bersiwak atau gosok gigi.


Dalam hal berhias, dianjurkan untuk tidak mengenakan pakaian atau perhiasaan mencolok, apalagi berlebihan. Sementara untuk wewangian, sebaiknya para Muslimah tidak memakai parfum yang baunya tajam karena ada hadits yang melarangnya.

5. Mengajak keluarga dan anak-anak

Sunnah Idul Adha berikutnya yaitu mengajak serta keluarga dan anak-anak, sebagaimana dalam sebuah hadits dari Ummu 'Athiyah, di mana Rasulullah  memerintahkan seluruh wanita untuk sholat Ied.

6. Bertakbir dalam perjalanan menuju tempat sholat


Selama perjalanan menuju lokasi sholat Idul Adha, disunnahkan untuk mengumandangkan takbir sampai imam sholat datang.

Bahkan, disunnahkan bertakbir sejak 9 Dzulhijjah setelah Subuh. Di antara lafazh takbir, boleh dua kali takbir, boleh pula tiga kali takbir.

"Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, laa ilaaha ilallah huwallahuakbar, Allahu akbar walilaahilham."

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya."

7. Dianjurkan berjalan kaki


Salah satu amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha adalah berangkat ke tempat sholat dengan berjalan kaki, baik saat pergi maupun pulang, sebagaimana hadits dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu:

8. Melewati jalan berbeda setelah pulang


Selain berjalan kaki, sunnah setelah sholat Idul Adha yaitu mengambil jalan yang berbeda dari saat pergi tadi, sebagaimana hadits dari Jabir radhiyallahu 'anhu:

9. Menyegerakan waktu mulai sholat Idul Adha


Kemudian, sunnah sholat Idul Adha yang penting adalah menyegerakan waktu dimulainya sholat. Tujuannya agar lebih banyak waktu tersedia untuk menyembelih hewan qurban. 

10. Saling menyapa kepada sesama kaum Muslimin


Terakhir, sunnah Idul Adha setelah melaksanakan sholat yaitu saling menyapa kepada sesama kaum Muslimin dengan ucapan salam dan doa.

Demikianlah ulasan tentang sunnah-sunnah Idul Adha, termasuk sunnah sebelum dan sesudah sholat Idul Adha yang sangat baik dikerjakan. Selain menambah pahala, pun bisa meningkatkan rasa takwa kepada Allah SWT. Wallahu'lam bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar