Jumat, 17 Juli 2020

Dilema Mahasiswa KKL-DR IAIN Padangsidimpuan

Logbook 1: Sucipto Mangun Kusumo
Nim: 1740200188

Rabu, 15 juli 2020 merupakan hari pertama kegiatan KKL-DR yang diadakan oleh Institut Agama Islam Negeri kota Padangsidimpuan.

KKL (kuliah kerja lapangan) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa sebelum mendapatkan gelar (sarjana) S1-nya. Sebagaimana biasanya dilakukan dengan melakukan kerja nyata dan berbaur dengan masyarakat, namun lain hal dengan program KKL-DR yang dialami oleh peserta KKL ke XLV. Setiap mahasiswa yang mengikuti KKL-DR dihadapkan dengan masalah yang jauh berbeda dengan peserta KKL pada umumnya. 

KKL-DR (kuliah kerja lapangan -  dari rumah) merupakan kegiatan kerja lapangan yang dilakukan secara During. Dengan kata lain bahwa setiap kegiatan dilakukan dari rumah.

Mari kita telaah lebih dalam makna dari kata Kuliah Kerja Lapangan, Kuliah merupakan kegiatan belajar yang dilakukan oleh seorang mahasiswa, kerja adalah kegiatan yang akan memberikan sebuah hasil, dan lapangan adalah lokasi yang merupakan keterangan tempat untuk tempat umum. KKL maka dapat disimpulkan sebagai kegiatan belajar yang diharapkan dapat memberikan hasil yang baik dan dilakukan ditempat umum dengan melibatkan masyarakat baik sebagai objek sasaran maupun sebagai wadah.

Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat kita lihat bahwa dalam pelaksanaannya merupakan dua hal yang yang bertentangan. Hal ini yang menyebabkan Dilema setiap mahasiswa dalam menempuh KKL-DR.

2 komentar: