Sabtu, 08 Agustus 2020

Menyibukkan Diri dengan Kegiatan yang Bermanfaat

 

Manusia kadangkala seringkali terlena dengan hal-hal yang menyenangkan  dan tanpa ia sadari hal itu tidak membawa manfaat bagi dirinya. Menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat jauh lebih penting daripada kesenangan yang tidak membawa manfaat, karena hal ini secara alamiah akan membentuk pribadi seseorang menjadi lebih baik. Ada banyak sekali bentuk kegiatan yang dapat membuat pribadi lebih baik, misalnya dalam kegiatan sehar-hari seperti membaca Al-Qur’an, membaca buku motivasi, membantu orang tua, ataupun hal-hal kecil lainnya yang bisa mendatangkan manfaat luar biasa bagi diri kita.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Sebagian dari kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara yang tidak berguna bagi dirinya” (HR.Tirmidzi)

Makna dari hadis diatas adalah sebagian dari kesempurnaan Islam serta ciri ketulusan iman seseorang baik itu laki-laki maupun perbuatan dapat dilihat dari perbuatan atau perkara yang ia lakukan yaitu perkara yang membawa manfaat bagi dirinya bukan perkara yang menyangkut perkara dunia yang tidak penting baginya baik dari segi perbuatan maupun ucapan.

Ada beberapa keutamaan dari seseorang yang senang menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat :

1.     Menghindari sesuatu yang tidak bermanfaat adalah jalan keselamatan.

2.    Membatasi diri dengan perbuatan yang tidak bermanfaat, akan terhindar dari dosa.

3. Hati yang sibuk mengingat Allah akan terhidar dari urusan makhluk yang tidak bermanfaat.

Maka dari itu, sebaiknya seorang muslim meninggalkan perkara-perkara yang sama sekali tidak bermanfaat bagi dirinya dan hanya membuang-buang waktu, karena setiap perbuatan kelak akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat nanti. Dengan belajar memperbaiki diri menjadi yang lebih baik, tentunya hidup ini akan menjadi lebih bermanfaat. Dan jangan lupa untuk selalu berusaha menjadi berguna bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar