Senin, 10 Agustus 2020

Investasi Mengubah Hidup

10 Investasi Return Terbaik Bagi Anda di Tahun 2020

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal atau aset pada suatu perusahaan dengan harapan akan memperoleh keuntungan di kemudian hari. Investasi tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah bekerja atau berpenghasilan, namun generasi milenial juga bisa melakukan investasi sejak dini. Gaya hidup yang tinggi membuat milenial tidak tertarik untuk berinvestasi padahal, investasi di zaman sekarang tidak membutuhkan modal yang besar, namun walaupun begitu meskipun modal investasi kecil tapi jika sudah dimulai sejak muda, maka kita akan merasakan manfaatnya yang besar di kemudian hari.

Berikut ini adalah manfaat berinvestasi yang akan mengubah hidup kita :

1.     Meningkatkan Nilai Aset

Penurunan Nilai Aset | DConsulting Business Consultant

Dengan berinvestasi, maka hal ini dapat menambah nilai aset serta kekayaan yang dimiliki. Aset disini tidak hanya terbatas pada gedung maupun properti, tetapi bisa juga berupa uang yang dimiliki atau tersimpan. Aset yang disediakan untuk investasi akan berkembang semakin banyak , tentunya dengan berkembangya aset maka akan berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang dimiliki.

2.    Bebas dalam Hal Keuangan

Memikirkan “Financial Freedom” Lebih Dalam – Wawasan Dunia Kristen

Bebas dalam hal keuangan artinya mereka dapat menghidupi kebutuhan sehari-hari dengan kekayaan yang dimiliki tanpa harus bekerja keras. Hal ini diperoleh dari aset yang telah diinvestasikan tadi yang dapat menggemukkan isi rekening kita. Dari keuntungan ini, kita dapat memenuhi kebutuhan serta tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi keuangan yang dimiliki, apalagi di tengah situasi covid-19 ini.

3.    Terhindar dari Inflasi

Inflasi 2016 Mencapai 3,02 Persen - Bisnis Liputan6.com

Indonesia sebagai negara dengan tingkat inflasi yang cukup tinggi, memiliki pengaruh dampak yang signifikan terhadap perekenomian termasuk dalam hal jual beli yang menyebabkan lemahnya jual beli masyarakat. Dengan berinvestasi, maka inflasi dapat diminimalisir.

4.    Masa Depan yang Cerah

14 Cara Meningkatkan Disiplin Diri Agar Masa Depan Anda Cerah

Berinvestasi sejak muda adalah salah satu cara dalam mempersiapkan masa depan yang cerah. Karena memasuki usia senja, secara otomatis fisik mulai melemah tetapi keinginan bekerja masih ada. Dengan berinvestasi, maka hal ini dapat mencukupi kebutuhan hidup di masa yang akan datang, sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan di masa depan.

Dalam islam, investasi sangat dianjurkan sekali, hal ini terdapat dalam Q.S Al-Baqarah ayat 261 yang artinya :

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji, Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (Karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

Maksud dari ayat diatas, Al-Qur’an memberikan gambaran investasi dalam hal ini sama dengan  berinfaq. Infaq memiliki arti membelanjakan harta dalam jalan kebaikan untuk membelanjakan harta untuk keluarga. Investasi juga merupakan cara membelanjakan harta untuk keluarga sebagai wujud jalan kebaikan.

Namun, sekali lagi yang harus diperhatikan bahwa investasi yang diperbolehkan ialah yang hanya  memenuhi syariat Islam dimana sistem pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam (syariah) yang memuat prinsip tidak mengandung riba, gharar (keraguan atau penipuan), dan maisir (judi). Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim harus berhati-hati lagi dan bijaksana dalam berinvestasi yaitu dengan memilih perusahaan yang telah memuat prinsip syariah seperti investasi reksadana syariah ataupun yang terdaftar di pasar modal syaria

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar