Selasa, 11 Agustus 2020

Bagaimana Cara Melatih Daya Ingat Otak?

 

Manusia bisa saja mengalami hal yaitu lupa, bukan karena seseorang itu kehilangan memori, tapi lebih tepatnya kesulitan dalam menemukan atau menggali informasi yang pernah disimpan dalam otak. Sebenarnya manusia tidak pernah kehilangan memori yang ia simpan, karena otak adalah anugerah dari Allah yang sangat luar biasa fungsinya, serta dapat menyimpan data jauh lebih baik daripada komputer sekalipun. Manusia akan mengalami penurunan daya ingat jika saja otak tidak pernah dilatih. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini bisa dianalogikan seperti file yang disimpan dalam komputer. Seiring dengan bertambahnya waktu, jika kita jarang untuk membuka file tersebut maka kemungkinan kita tidak akan bisa menemukannya karena terlalu banyak file yang disimpan. Jadi file tersebut sebenarnya tidak hilang namun tidak bisa ditemukan kembali. Hal ini kurang lebih sama hal nya dengan otak manusia. Lalu bagaimana cara kita untuk melatih daya ingat otak  ?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih daya ingat otak :

1.     Selalu mengingat Allah

Jika kita selalu mengingat Allah terus-terusan, maka Allah akan selalu mengingat kita dengan begitu Allah akan memberikan daya ingat yang kuat bagi kita. Hal ini dapat dilakukan dengan belajar atau membaca Al-Qur-an, maupun kegiatan lain yang bisa membawa kita untuk mengingat Allah.

2.    Berdoa

Ketika seorang hamba berdoa untuk diberi ingatan yang lebih baik maka, mintalah doa tersebut kepada Allah tentang apa yang dibutuhkan baik itu pengetahuan, atau pemahaman dan ingatan yang lebih baik. Karena Allah adalah tempat meminta dan tempat dikabulkannya segala permintaan.

3.    Istirahat dan tidur cukup waktu

Jika kita ingin meningkatkan daya otak, maka dibutuhkan istirahat dan tidur cukup waktu. Kemudian dapat dibantu dengan kegiatan olahraga untuk mendukung kesehatan seseorang secara keseluruhan. Ketika seseorang tidur, maka otak akan beristirahat dan hal ini bisa mengurangi stress yang dapat mengganggu fungsi otak. Tidur siang baik itu sesudah maupun sebelum dzhuhur dipercaya dapat meningkatkan memori otak dan mood kita, menjaga kesehatan fisik, dan mempertajam indera. Karena hal ini telah dipratikkan Rasululullah Saw yang terbukti dapat meningkatkan kerja otak

4.    Memakan Madu, Kismis, dan Mengunyah Permen Karet

Para ilmuwan mengatakan bahwa madu dan kismis dapat meningkatkan memori atau daya ingat seseorang dan juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Selain madu dan kismis, ternyata permen karet juga bisa meningkatkan daya ingat otak, hal ini dikarenakan ketika seseorang mengunyah maka denyut jantung akan meningkat sehingga meningkatkan suplai oksigen ke otak dan menyebakan kemampuan kognitif otak meningkat pula.

5.    Hijamah (bekam)

Hijamah atau bekam adalah praktik pengobatan yang telah dipraktikkan oleh Rasululullah saw. Bekam dapat mengobati berbagai macam penyakit serta menjaga kesehatan tubuh. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a menyampaikan bahwa Rasulullah saw bersabda : ”Jika ada sesuatu yang sangat baik untuk dijadikan obat, itu adalah bekam (hijamah)”. Saat berbekam, racun beserta limbah dalam darah akan terbuang sehingga hal ini meningkatkan memori otak dan memulihkan penyakit yang diderita.

6.    Bersiwak

Bersiwak atau menyikat gigi dengan batang pohon siwak ternyata dapat meningkatkan daya ingat otak. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat 19 kandungan zat alami pada siwak yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar