Minggu, 09 Agustus 2020

Intropeksi Diri itu Sangat Penting!!!


Aufal Marom WF: aufalmwf "Merenung; saat-saat yang mengasyikkan”
Tambahkan teks

Intropeksi diri adalah suatu tindakan yang melihat kembali pikiran maupun perasaan kita. Menurut Hasan Al-Bashri, manusia yang paling ringan hisabnya di hari kiamat yaitu mereka yang sering mengintropeksi diri selama di dunia. Artinya, melihat kembali keinginan mereka dan perbuatan mereka selama di dunia. Jika keinginan tersebut tidak baik, maka mereka akan memilih meninggalkan keinginan tersebut, dan begitu juga sebaliknya jika keinginan itu baik maka mereka akan meneruskannya.

Perkara di hari kiamat, akan terasa sangat memberatkan bagi orang-orang yang kurang mengintropeksi diri. Hal ini karena mereka melakukan perbuatan di dunia tanpa perhitungan sehingga Allah telah menghimpun semua perbuatan mereka dan disitulah letak dari penyesalan manusia yang kurang mengintropeksi dirinya.

Ketika intropeksi diri melemah, maka sesungguhnya nafsu akan berperan dalam setiap jiwa manusia. Nafsu tersebut akan semakin keras dan jiwa kembali lepas sehingga pada akhirnya, manusia tersebut akan tunduk pada nafsunya dengan mengikuti segala yang diinginkan.

Perintah manusia untuk selalu mengintropeksi diri terdapat dalam Q.S. Al-Hasyr ayat 18 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”

Ayat diatas menerangkan kepada kita untuk merenungi kembali perbuatan yang akan dilakukan untuk menghadapi hari kiamat kelak. Karena sesungguhnya setiap perbuatan yang dilakukan tidak pernah luput dari pengawasan Allah, dan Allah ingin kita tidak termasuk orang-orang yang merugi nantinya.

Ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan untuk mengintropeksi diri antara lain : intropeksi dapat dilakukan antara selang waktu yang berjauhan, ada pula intropeksi diri terhadap kesalahan besar yang telah dilakukan, dan intropeksi diri setiap saat. Dan intropeksi diri setiap saat adalah yang terbaik diantara yang lainnya, karena ia akan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan dan memperhatikan betul-betul setiap perbuatan yang akan diperbuat agar sesuai dengan perintah yang Allah berikan.

Sesungguhnya intropeksi diri ini sangat penting bagi diri kita untuk bisa mengendalikan diri dan tentunya setiap manusia ingin mengharap ridhanya Allah, namun karena kurangnya intropeksi diri maka hal ini bisa saja menjerumuskan manusia ke dalam nafsunya sehingga penyesalanlah yang kelak diterimanya di hari kiamat.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar