Sabtu, 01 Agustus 2020

Apa itu Moderasi Beragama?

Apa arti Moderasi?




Moderasi adalah jalan tengah. Dalam sejumlah forum diskusi kerap terdapat moderator, orang yang menengahi proses diskusi, tidak berpihak kepada siapa pun atau pendapat mana pun, bersikap adil kepada semua pihak yang terlibat dalam diskusi. Moderasi juga berarti ‘sesuatu yang baik’. Sesuatu yang ada ditengah biasanya berada diantara dua hal yang buruk.


Apa itu moderasi beragama?

Moderasi Beragama | Republika Online

Moderasi beragama berarti cara beragama jalan tengah sesuai dengan pengertin moderasi. Dengan moderasi beragama, seseorang tidak ekstrem dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani ajaran agamanya. Orang yang mempraktekkannya disebut moderat. Orang moderat harus berada ditengah, berdri diantara kedua kutub ekstrem Ia tidak berlebihan dalam beragama, tapi juga tidak berlebihan menyepelekan agama. Dia tidak ekstrem mengagungkan teks-teks keagamaan tanpa menghiraukan akal/nalar, juga tidak berlebihan mendewakan akal sehingga mengabaikan teks. 4 ciri-ciri orang moderat, yaitu sikap terbuka,berfikir rasional, rendah hati, memberi manfaat.

Desa Rama Agung Jadi Desa Toleransi - / Powered by Radar Utara

Seseorang yang moderat juga memiliki pendirian teguh dan semangat beragama yang tinggi. Namun, ia harus mampu memilah mana pokok ajaran agama dan mana tafsir ajaran agama, dimana ia perlu toleran, menghormati pendirian orang lain, dan tidak menyalah-nyalahkan.Terkait urusan pokok agama, tidak boleh ada kompromi dalam hal meyakini dan mempraktikannya. Tapi untuk urusan agama yang sifat hukumnya diperdebatkan, dan ada beragam pandangan, seorang moderat akan mengambil sikap hukum tertentu untuk dirinya, tapi tidak memaksakan hukum itu berlaku untuk orang lain. Jadi moderasi beragama sama dengan toleran, dimana toleran itu adalah hasil yang diakibatkan oleh sikap moderat dalam beragama. Moderasi adalah proses, toleransi adalah hasilnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar